Baca Kilas

Monday, November 11, 2019

bacasaza

Tips Menarik Membaca Fiksi dan Nonfiksi



Oleh: Ahmad Ruhiat

realkidsread.club
Bacasaza – Kegiatan membaca tidak selalu identik dengan aktivitas serius, membaca bisa menjadi sarana liburan. Jika kita sudah memiliki minat membaca, merasa nyaman dan menikmati kegiatan membaca, maka kita sebenarnya sedang menjalani proses meluaskan pengetahuan dengan cara menyenangkan.

Membaca buku apapun sebenarnya tidak ada yang sia-sia, biasanya memilih buku bacaan disesuaikan dengan kebutuhan. Membaca buku pelajaran, tentunya kita ingin mempelajari materi pembelajaran. Membaca buku fiksi, pastinya kita ingin mengetahui cerita dalam buku fiksi tersebut. Membaca buku nonfiksi seperti buku pengethuan tertentu, niscaya kita ingin mengenal dan mengetahui pengetahuan yang terkandung dalam buku tersebut.

Lazimnya, ketka hendak membaca buku, kita melihat judul dan cover buku terlebih dulu. Banyak pertanyaan yang muncul dalam benak,  pertanyaan itulah yang menuntuk kita untuk tertarik membacanya. Karena membaca adalah proses menyelami cerita atau pengetahuan yang disajkan dalam buku, maka proses inilah yang menuntun kita untuk mengingat, berpikir dan memhami renteten informasi yang disampaikan penulis kepada pembacanya.

Membaca yang baik adalah membaca yang dapat mengingat dan memahami pesan atau isi buku yang disampaikan penulis. Berikut tips menarik yang tidak boleh dilewatkan oleh pembaca baik sebelum maupun sesudah melakukan kegiatan membaca. Tips ini disampaikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan dalam buku Panduan Praktis Gerakan Literasi Sekolah (2017: 14).

Membaca Buku Fiksi
Sebelum Membaca
·      judul dan gambar-gambar di buku, kira-kira cerita tersebut tentang apa?
·      Apakah cerita ini nyata atau fantasi? Dari mana saya tahu?
·      Bila teks ini nyata, pengetahuan atau manfaat apa yang akan saya dapatkan?
·      Apa yang dibutuhkan atau diinginkan tokoh cerita?
·      Mengapa saya ingin membaca cerita ini?
·      Bagaimana saya bisa menggambarkan latar cerita? Saat Membaca
·      Apa yang akan terjadi di dalam cerita ini?
·      Bagaimana perasaan saya tentang tokoh utama?
·      Mengapa tokoh cerita bersikap atau berperilaku seperi itu?
·      Apakah cerita atau teks ini masuk akal?
·      Bagaimana kira-kira akhir cerita ini?
·      Apakah cerita ini mengingatkan saya pada hidup saya sendiri atau orang lain?

Saat Membaca
·      Apa yang akan terjadi di dalam cerita ini?
·      Bagaimana perasaan saya tentang tokoh utama?
·      Mengapa tokoh cerita bersikap atau berperilaku seperi itu?
·      Apakah cerita atau teks ini masuk akal?
·      Bagaimana kira-kira akhir cerita ini?
·      Apakah cerita ini mengingatkan saya pada hidup saya sendiri atau orang lain?

Setelah Membaca
·      Bagaimana cerita ini mempengaruhi perasaan saya?
·      Apa yang saya sukai atau tidak sukai dari cerita ini?
·      Bagian mana dalam cerita ini yang menurut saya penting?
·      Apakah perasaan saya tentang tokoh cerita berubah di akhir cerita?
·      Adakah perubahan perasaan atau perilaku tokoh-tokoh cerita di akhir cerita?
·      Apa pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca seperti saya?

Membaca Buku Nonfiksi
Sebelum Membaca
·      Berdasarkan judul dan gambar-gambar di buku, kira-kira isi buku ini tentang apa?
·      Apakah isi buku ini faktual/nyata? Darimana saya tahu?
·      Apabila isi buku ini nyata, pengetahuan atau manfaat apa yang akan saya dapatkan?
·      Mengapa saya ingin membaca buku ini?
·      Bagaimana saya bisa menggambarkan garis besar isi buku ini?

Saat Membaca
·      Bagian apa sajakah yang akan dibahas di dalam buku ini?
·      Bagaimana bagian-bagian buku akan dibahas?
·      Apakah data dan informasi pendukung tersedia dengan memadai?
·      Bagaimana saya memahami setiap bagian di dalam buku?
·      Apakah bahasan pada setiap bagian masuk akal?
·      Bagaimana kira-kira ringkasan atau simpulan buku ini?

Setelah Membaca
·      Bagaimana buku ini mempengaruhi pikiran atau pemahaman saya?
·      Apa yang saya sukai atau tidak sukai dari buku ini?
·      Bagian mana dalam buku ini yang menurut saya penting?
·      Bagian mana dalam buku ini yang pernah dibahas di buku lain?
·      Apakah bagian simpulan telah mencakup keseluruhan isi buku?
·      Apakah kritik dan saran yang saya kemukakan terhadap buku ini?
·      Apa maksud yang ingin disampaikan pembaca kepada pembaca seperti saya?

Pemahaman membaca tidak hanya memahami tetapi sebagai hiburan. Banyak membaca akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, dan orang yang menguasai ilmu pengetahuan yang luas ialah orang yang yang berkualitas yang mudah memperbaiki kualitas kehidupannya. Minat baca, buku dan perpustakaan adalah tiga elemen pokok dalam suatu sistem pendidikan yang dapat menciptakan kualitas generasi masa kini dan masa depan. Selamat membaca.


Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »