Baca Kilas

Sunday, October 20, 2019

bacasaza

Mengkaji Sumpah Jabatan Presiden Atas Nama Allah



Oleh:  A.Ruhiat

Bacasaza - Membacakan Sumpah jabatan presiden dan wakil presiden mengandung makna sanggup bertanggung jawab dan memikul amanah dari rakyat yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Seyogyianya, mereka melepaskan diri dari kepentingan pribadi, keluarga, golongannya, dan koleganya dan mendahulukan kepentingan rakyat seutuhnya.

Pada Ahad, 20 Oktober 2019,  Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin membaca sumpah jabatan Presiden dan wakil presiden untuk masa jabatan 2019-2014.

"Bismillahirahmanirahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang an peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Jokowi membacakan sumpah presiden.

Setelah itu giliran Ma'ruf Amin  yang membacakan sumpah.

"Bismillahirahmanirahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang an peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin.

Keduanya kemudian menandatangani berita acara pelantikan presiden. Nampak pula Ketua MPR dan jajaran pimpinan dalam penandatanganan ini
Dengan pembacaan sumpah jabatan serta penandatanganan berita acara pelantikan, Jokowi  dan Ma'ruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Segenap rakyat Indonesia tentu berharap besar kepada Jokowi sebagai Presiden ke-7 Indonesia setelah Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono, bahwasannya Jokowi mampu belajar dari kepemimpinannya selama lima (5) tahun di periode 2014-2019 lalu. Semoga periode tahun 2019 sampai 2024 mampu menujukkan perubahan besar dalam menanggulangi segala persoalan bangsa, khususnya dalam mensejehterakan Rakyat.


Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »