Baca Kilas

Tuesday, October 29, 2019

bacasaza

Selayang Pandang MLC (Media Literasi Center)



Salam Literasi

Program dan Kebijakan Pemerintah tentang Literasi sudah dilaksanakan sejak tahun 2015. Di antaranya adalah  Gerakan Indonesia Membaca (GIM), Gerakan Literasi Nasional (GSN), Gerakan Nasional Literasi Bangsa (GNLB), Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dan Gerakan Literasi Keluarga (GLK), dan Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), Membangun Taman Bacaan Masyakarat (TBM), bahkan program Kampung Literasi.

Semua program dan gerakan literasi di atas adalah bagian dari perjalanan sejarah baru Indonesia dalam upaya mencerdaskan bangsa dan menumbuhkembangkan dunia literasi bagi masyarakat Indonesia. Melalui Kemendikbud dan lembaga/instansi terkait lainnya, sosialisasi, kampanye dan realisasi program secara bertahap dilaksanakan secara masif dan terstruktur.

Namun segenap program dan gerakan literasi yang dibangun selama ini belum menciptakan budaya membaca dan menulis secara masif, baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat. Fenomena ini menjadi renungan bersama dan sekaligus menjadi tantangan untuk menciptakan program yang lebih kreatif dan aplikatif  yang dilaksanakan oleh praktisi yang berkompeten dalam menumbuhkembangkan budaya literasi (baca tulis) sebagai perjuangan mulia dalam mencerdaskan generasi bangsa.

MLC (Media Literasi Center) hadir u tuk ikut andil dalam membangun generasi literat masa kini melalui beberapa program kreatif dan aplikatif yang dapat dilaksanakan di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Program pokoknya terdiri dari; 1) Program Cinta Literasi Indonesia; 2) Program Literasi Digital; 3) Program Literat Indonesia; 4) Program Indonesia Menulis; 5) Program Pustaka Indonesia; 6) Program Indonesia Berderma Literasi.

Program literasi tersebut tentu akan disinergikan dengan program dan gerakan yang udah dilaksanakan Pemerintah. Pelaksanaan program kreatif MLC akan bekerjasama dengan Mendikbud, Lembaga dan Organisasi Literasi Masyarakat, para Praktisi Literasi dan Tokoh Literat. Sedangkan dalam pembiayaan kegiatan khusus literasi MLC mengajak kerjasama dengan para donatur dan pelaksana CSR  BUMN, BUMD, serta Perusahaan Swasta.

Founder MLC

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »