Baca Kilas

Tuesday, October 29, 2019

bacasaza

Tentang MLC (Media Literasi Center)


Salam Literasi

Media Literasi Center (MLC) adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan kemanusiaan, khususnya program literasi, baik melalui situs web ataupun pelaksanaan program literasi di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan Khebinekaan Tunggal Ika dalam pelaksanaan programnya. 

Selama Ini MLC (Media Literasi Center) masih menginduk ke Yayasan Pengembangan Sarana Pancakarsa. Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asai Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0026911.AH.01.04 Tahun 2016. Adapun program utama MLC di antaranya sebagai berkut.


Visi dan Misi MLC (Media Literasi Center)
Visi:
Membangun Generasi Literat Masa Kini
Misi: 
·      Mensyiarkan program-program Literasi sebagai solusi hidup menuju generasi literat dan masyarakat yang berkualitas secara pribadi, keluarga dan masyarakat.
·      Menyampaikan berbagai informasi dan referensi yang lengkap melalui web media literasi center sebagai.
·      Melaksanakan pendidikan literasi, Pelatihan, Mentoring, Private Class, Diskusi dan Seminar, Pagelaran dan Festival, Penelitian dan Studi Banding, Pengabdian Masyarakat baik di lingkuangan Sekolah maupun di Lingkungan Masyarakat.
·      Menggalang kepedulian masyarakat dan mengelola sumbangan (ilmu, uang dan buku) untuk mampu meluaskan kebermanfaatan bagi masyarakat luas dalam bentuk pelaksanaan program-program pokok berliterasi.
·      Membangun sinergi positif dengan donatur, baik secara pribadi, philantropi, lembaga sosial, donor dan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari dunia usaha, pegiat literasi, akademisi, penulis, penerbit, Kemendikbud dan lembaga/instansi pemerintahan lainnya, Balai Bahasa, LIPI, BUMN, BUMD, perusahaan, komunitas literasi,  masyarakat dan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Program Cinta Literasi Indonesia. Ikut serta mendukung dan mengawal secara independen dalam mensosialisasikan dan mengkampanyekan program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah tentang Literasi seperti GLN, GNLB, GIM, GLS, GLK, dan GLM;

Pogram Literasi Digital. Mengembangkan Media Literasi Center Digital berupa situs web yang diawali dengan bacasaza.blogspot.com sebagai ruang besar literat dalam berliterasi yang diharapkan sebagai media digital literasi;

Program Literat Indonesia. Menyelenggarakan kegiatan mentoringprivate class, pelatihan-pelatihan literasi terpadu, diskusi dan apresiasi literasi (lomba, gelar seni budaya, Festival, dll), serta penelitian dan pengambdian masyarakat  di lingkungan sekolah dan Masyarakat;

Program Indonesia Menulis. Mengembangkan dan menciptakan bahan bacaan anak-anak, buku pengayaan pembelajaran, buku-buku  masyarakat berbasis muatan lokal, dll. Program “Guruku Menulis dan “Rakyatku Menulis”;

Program Pustaka Indonesia. Ikut serta mengembangkan peran dan fungsi Perpustakaan Sekolah sebagai wahana literasi sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat sebagai wahana literasi Masyarakat.

Program Indonesia Berderma Literasi. Menghimpun kepedulian donatur dan pegiat, baik dalam bentuk sumbangan uang, buku, ilmu, dan lainnya dalam menunjang program-program pokok berliterasi dari sabang sampai merauke. 





Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »