Baca Kilas

Tuesday, November 5, 2019

bacasaza

Manusia dan Hewan Bermata Satu Yang Pernah Ada di Dunia

Manusia dan Hewan Bermata Satu Yang Pernah Ada di Dunia

Bacasaza – Aneh Tapi Nyata. Manaka Illahi Yang Maha Kuasa menghendaki apapun, maka segala hal yang mutahil pun bisa terjadi di dunia ini. Dia antaranya adalah fenomena luar biasa yang berikut ini. Di mana bayi dan anak hewan lahir dengan bermata satu. Meski tidak terjadi di negeri kita, tapi terjadinya keanehan ini semoga membuat kita lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.  
theindusparent.com
Fenomena pertama aneh tapi nyata ini terjadi di India tahun 2011. Seorang bayi dilahirkan dengan satu mata. Bayi itu selamat selama sehari. Menurut para dokter, bayi ini menderita cyclopia, yang disebabkan karena paparan radiasi di dalam rahim sang ibu. Kelian ini terjadi disebabkan karea kobinasi yang salah dari obat yang diminum oleh ibu selama kehamilannya.

Pada umumnya, kondisi ini lebih sering terlihat pada hewan daripada pada manusia. Sebagaimana yang terjadi di India, gambar dalam video yang beredar di youtube menunjukkan kambing “cyclop” (dengan hanya satu mata). Seekor kambing dengan sindrom yang disebut cyclopia lahir di sebuah desa di Assam, India pada 10 Mei 2017.
youtube.com
Dokter hewan di sana mengatakan bahwa anak kambing juga hanya memiliki satu telinga. Anak kambing itu juga lahir tanpa bulu mata dan kelopak mata, kehilangan beberapa gigi, dan memiliki hidung serta rahang yang kurang berkembang. Siklopia memang sering disertai dengan kelainan fisik lainnya. Hewan langka ini hanya mampu hidup sehari.
Menurut National Geographic, kelahiran yang sangat luar biasa di desa di Assam, India, terjadi ketika otak yang sedang berkembang tidak terpisah menjadi dua belahan otak. Hanya satu rongga mata terbentuk, dan berakhir dengan mata besar, agak aneh di tengah kepala. Siklopia sering disebabkan ketika ada terlalu banyak racun yang ada di dalam rahim.
grunge.com
Anak kambing bermata satu di India bukanlah satu-satunya kambing cyclop dalam beberapa tahun terakhir. Kambing bermata satu juga lahir di di St. Lawrence, Texas, Amerika Serikat tahun 2012. Penyebab kondisi itu diyakini sebagai ketidakseimbangan hormon. Namun, kambing ini memiliki saudara kembar dengan dua mata normal. Sayangnya, kambing cyclop Texas hanya bertahan sekitar dua minggu. Menurut pemiliknya, Delmer Batla mengatakan pada Midland, selain masalah matanya, kambing malang ini dilahirkan dengan mulut cacat dan tidak bisa makan dengan baik. Kambing ini diabadikan di sampul Seri buku Ripley's Believe It or Not edisi ke-10.
Add caption
Fenomena aneh tapi nyata lainnya terjadi pada tahun 2006, di mana anak kucing ragdoll yang manis lahir di Oregon dengan hanya satu mata. "Cy" namanya, anak kucing itu menderita holoprosencephaly yang merupakan istilah klinis untuk kondisi bawaan yang jarang terjadi yang dapat menyebabkan cyclopia. Si Cy ni hanya mampu hidup sehari. Cy hampir diabadikan di layar di museum kreasionis di New York.
grunge.com
nydaliynews.com
Hewan ber mata satu juga terjadi pada hiu. Pada pertengahan 2011, nelayan Enrique Lucero León sedang memancing di perairan dekat Pulau Cerralvo di Teluk California dan mengaitkan hiu gelap kehitaman. Setelah memotong tangkapannya, ia menemukan sepuluh janin hiu, salah satunya adalah janin hiu siklopik sepanjang 22 inci dengan mata tunggal yang berfungsi di bagian depan kepalanya.
askdruniverse.wsu.edu
Apakah ada hewan yang benar-benar hidup bermata satu? Ya. Jawabnya ada. Namanya Copepoda. "Satu spesies yang hanya memiliki satu mata secara alami berasal dari genus yang disebut copepoda. Berbeda dengan raksasa bermata satu, Cyclops, makhluk dunia nyata ini sangat kecil. Bahkan, beberapa copepoda bahkan lebih kecil dari sebutir beras. (A.Ruhiat)

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »