Baca Kilas

Sunday, November 10, 2019

bacasaza

Kreasi Menarik Sudut Baca di Sekolah



Oleh: Ahmad Ruhiat

Bacasaza – Literasi Sekolah sepatutnya dilaksanakan oleh segenap pihak yang terbat di sekolah. Mulai dari kepala sekolah, guru, peserta didik, staf administrasi dan/atau perpustakaan, staf kebersihan hingga penjaga sekolah. Kepala sekolah dan guru menjadi role model (figur teladan) bagi peserta didik. Hal yang sulit terwujudkan ekosistem sekolah yang literat manakala kegiatan literasi ditunjukkan untuk peserta didik, sedangkan kepala sekolah dan guru tidak berliterasi.

Mengembangkan sudut baca atau pojok baca di Sekolah merupakan bagian dari hal penting dalam realisasi dan implementasi literasi di sekolah. Sudut baca atau pojok baca di sekolah dapat dimaknai sebagai perpustakaan mini di sudut ruang kelas atau area lain di sekolah.

Kreasi Sudut Baca Sekolah
knrgarch.com
Sudut Baca Sekolah. Sekolah dianjurkan untuk menyediakan sudut baca sekolah atau pojok baca sekolah. Pentingnya sudut baca di lingkungan sekolah memudahkan siswa dalam mengakses buku dan tempat membaca yang nyaman. Sudut baca  di sekolah harus dikreasi dengan menarik dan nyaman. Aplikasi sudut baca ini dapat digambarkan sebagai berikut.
·      Dapat dibuat di kebun sekolah, halaman, kantin sekolah, koridor, area tunggu orangtua, dan area lain di sekolah.
·      Dibuat aman dan menyenangkan dengan meja, kursi, dan atap.
·      Koleksi buku dapat disimpan di gerobak buku atau rak beroda

Buku-buku dalam sudut baca atau perpustakaan mini di lingkungan sekolah ini, disediakan sekolah. Pengayaan buku sarana dan prasarana sudut baca bisa dari pihak sponsor dengan mencantumkan nama perusahaan dan/atau icon lembaga tertentu sebagai promosinya.

Kreasi Sudut Baca Kelas
decoration-organization.com
Sudut Baca Kelas. Sekolah dianjurkan dapat mengkreasi sudut baca di dalam kelas dengan dekorasi atau interior yang menarik. Perpustakaan mini di dalam kelas ini sebaiknya menggunakan lemari yang dominan tutupnya dari kaca agar terlihat buku-buku yang ada di dalamnya. Aplikasi sudut baca ini dapat digambarkan sebagai berikut.
·      Menyediakan buku-buku fiksi dan nonfiksi untuk dibaca pada kegiatan 15 menit membaca setiap hari.
·      Bacaan yang disediakan sesuai jenjang kemampuan membaca siswa.
·      Dihiasi oleh poster kampanye membaca dan bahan kaya teks lainnya.
·      Dapat dikelola oleh guru, orang tua, dan siswa secara bergantian.
·      Koleksi Dapat diperkaya dengan buku-buku yang dibawa siswa setiap hari.
·      Dapat berupa bacaan koleksi perpustakaan yang dirotasi secara bergilir.

Buku-buku dalam sudut baca atau perpustakaan mini dalam kelas ini, bisa disediakan sekolah dan/atau buku-buku yang dibawa oleh siswa. Pendataan judul-judul buku, pengelolaan sudut buku bisa dilaksanakan guru dan siswa (khusus untuk sd kelas tinggi, SMP dan SMA/SMK).

Kreasi sudut baca di lingkungan sekolah dan di dalam kelas sangat penting adanya. Perpustakaan mini ini menjadi wahana yang memudahkan civitas sekolah berliterasi. Terlebih apabila sekolah dapat menyediakan buku-buku bacaan yang lengkap, tentunya akan lebih menarik.
 

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »