Baca Kilas

Sunday, November 10, 2019

bacasaza

Memilih Buku Bacaan yang Baik Untuk Siswa



Oleh: Ahmad Ruhiat

goodreads.com
Bacasaza – Kegiatan membaca buku, baik buku fiksi maupun nonfiksi, tidak terlepas dari jenis dan kualitas buku itu sendiri. Buku berkualitas terdiri dari identitas buku, materi dan kualitas cetak, cerita yang disampaikan (dalam buku fiksi) atau isi buku yang disajkan (dalam buku nonfiksi), bahasa yang disampaikan,  dan ilustrasi yang disajikan.

Pertama, cermati identitas Buku. Identitas buku terdiri dari judul buku di halaman sampul depan buku, ada nama kreator buku (penulis/editor/ilustrator), dan ada nama dan alamat (fisik dan elektronik) penerbit buku.

Kedua, cermati materi dan kualitas cetak. Buku dengan kualitas cetak yang baik menampilkan buku terjilid dengan baik, kertas tidak mudah robek, jenis bacaan dan ukuran huruf sesuai dengan usia pembaca sasaran, desain dan tata letak sesuai dengan usia pembaca sasaran.

Ketiga, cerita pada buku fiksi. Ditulis secara menarik dan sesuai dengan usia pembaca sasaran, mengandung materi yang sesuai dengan nilai moral dan budaya, pesan moral dalam cerita disampaikan dengan baik tanpa menggurui, tidak mengandung stereotip atau pelecehan terhadap kelompok tertentu, dan bersifat multikultural. Sedangkan untuk Buku Nonfiksi, disajikan dengan akurat, sesuai dengan usia pembaca sasaran, mewakili perspektif yang beragam/multikultural, dilengkapi dengan gambar (ilustrasi/foto/diagram/tabel) agar mudah dipahami oleh pembaca sasaran, dan berasal dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.

Keempat, bahasa.  Buku menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh pembaca
Sasaran, dan kosakata baru diperkenalkan dalam konteks kalimat atau ilustrasi yang mendukung.

Kelima,  Ilustrasi. Dibuat dengan baik dan menarik, menjelaskan konten buku dengan baik, tidak melecehkan kelompok tertentu, dan memperhatikan multikultural Indonesia, foto dapat dipertanggungjawabkan keasliannya, memiliki izin untuk dipergunakan, dan sumbernya disebutkan.

Selain daripada itu, buku berkualitas untuk peserta didik di sekolah juga ditentukan oleh penulis. Penulis yang sudah memiliki sertifikasi profesi penulis, penulis yang memahami karakter peserta didik, memahami ruang lingkup kurikulum dan pembelajaran di sekolah  akan lebih baik karena akan menentukan isi buku.

Buku berkualitas bagi peserta didik adalah buku yang bisa memberikan wawasan dan pengetahuan sesuai dengan kemampuan peserta didik, memberikan muatan budi pekerti dan karakter bangsa, serta membangun daya imajinasi untuk menumbuhkembangkan daya pikir peserta didik. 

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »